BPS Subang Gelar FGD, Ikhtiar Tingkatkan Layanan Publik

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Subang menggelar Forum Group Discussion (FGD) Pelayanan Statistik Terpadu pada Kamis (22/5/2025).(Muhammad Faishal/Pasundan Ekspres)
SUBANG-Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Subang menggelar Forum Group Discussion (FGD) Pelayanan Statistik Terpadu pada Kamis (22/5/2025) di Aula Kantor BPS Subang.
Agenda ini dihadiri sejumlah pihak mulai dari perwakilan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Pemimpin Redaksi Pasundan Ekspres, Ketua Yayasan Kesejahteraan Masyarakat (Yakesma), Dosen Universitas Subang, serta perwakilan mahasiswa STIE Sutaatmadja Subang sebagai konsumen dari BPS.
Kasubag Umum BPS Subang, Cecep Muhram Mubarok mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dalam meningkatkan pelayanan publik untuk memenuhi hak seluruh warga negara.
"Dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik perlu dilakukan evaluasi dan perbaikan secara terus menerus, maka FGD ini menjadi salah satu cara untuk mengumpulkan masukan dan saran dari berbagai pihak terkait," ucapnya.
BACA JUGA: Giatkan Disiplin Kerja Perangkat Desa, Pemcam Cikaum Gelar Apel Pagi
Kepala BPS Kabupaten Subang, Saman mengatakan, FGD ini digelar untuk memastikan apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen BPS selama ini.
"Ini salah satu kewajiban kami untuk memahami keinginan daripada konsumen BPS, baik dari pihak kampus, mahasiswa, media, dan juga lainnya," ucapnya.
Ia mengatakan, kegiatan ini juga sebagai salah bentuk implementasi dari UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik.
"Kami sebagai salah satu satuan kerja harus membuat standar pelayanan, tentunya lewat FGD ini harapannya kami mampu membuat standar pelayanan yang baik," ucapnya.
BACA JUGA: Sanggar Weningrum: Menari dari Hati, Melestarikan Budaya, dan Membentuk Karakter Anak Subang
Dia berharap melalui FGD ini BPS Kabupaten Subang dapat memberikan pelayanan publik yang cepat, lepas, mudah, terjangkau, dan terukur.
"Harapannya pelayanan publik yang BPS Subang dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat, serta memberikan pemahaman yang positif," ucapnya.
Kegiatan pun dilanjutkan kepada intinya, yakni diskusi tentang reviu standar pelayanan BPS Kabupaten Subang yang berjalan sangat aktif dan kondusif. Terakhir, agenda ditutup dengan penandatanganan berita acara hasil diskusi dari FGD tersebut.(fsh/ysp)